Si Jago Merah Mengamuk Di Desa La'bo Musnahkan Rumah Indo' Russa

Si Jago Merah Mengamuk Di Desa La'bo Musnahkan Rumah Indo' Russa

Toraja Utara, Koran Investigasi
Satu unit rumah panggung di Lembang (Desa) La'bo, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, rata dengan tanah setelah dilalap api, Sabtu (10/11/2018) sore tadi.

Rumah panggung tersebut diketahui milik
Indo' Russa(60), seorang petani warga Dusun Bo'ne Lembang La'bo.

Kronologi terjadinya kebakaran bermula
sekitar pukul 16.30 Wita, korban (Pr) Indo' Russa menyalakan api dapur dengan menggunakan kayu bakar, korban meninggalkan rumah untuk mengambil air minum di sumur. Setelah itu pada pukul 17.00 Wita, saksi (An) Bo'ne, melihat dari tempat kerja  sekitar (20 meter) rumah miliknya terbakar api.

Setelah itu, api lebih cepat menyala dari bagian dapur, dan saat itu juga api terlihat semakin membesar setelah ada ledakan dari dalam rumah, api menjalar dengan cepat  lalu saksi berteriak memanggil warga sekitar untuk meminta pertolongan.

"Betul, kejadiannya tadi sore, api diduga berasal dari api dapur yang dinyalakan. Menggunakan kayu bakar yang ada di tunggku alat masak tradisional (Dapo),"ujar Kapolsek Sanggalangi AKP Linus Kondong, Sabtu (10/11/2018) malam.

Dari keterangan saksi mata sekaligus tetangga korban ia menceritakan, sempat
Indo' Russa menyalakan api dapur dengan menggunakan kayu bakar, korban meninggalkan rumah untuk mengambil air minum di sumur.

Kemudian menyalakan apinya, lalu dia berangkat ke sumur untuk mengambil air, diduga api memakan pinggiran dapur akhirnya merambat dan menjadi besar.

Warga yang melihat api sudah membesar langsung mencoba untuk memadamkan api dengan peralatan yang seadanya. Namun api terlanjur sudah besar. Api baru bisa dipadamkan setelah 1unit armada kebakaran (Damkar)diterjunkan ke lokasi kejadian sekitar pukul 17.20 Wita, pemadam kebaran datang dan api bisa dipadamkam pada pukul 17.30 wita.

"Rumah korban rata dengan tanah, dan barang-barang milik korban tak satupun yang berhasil diselamatkan," Tuturnya.

Adapun yang terbakar yakni 1(satu) unit Rumah panggung yang terbuat dari kayu habis terbakar bersama seluru isinya.

Bahwa dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian materil diperkirakan sekitar Rp  100.000.000- (seratus juta rupiah)

Adapun dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran dikarenakan adanya api yang dinyalakan oleh Indo' Russa lalu ditinggalakan untuk mengambil air minum di sumur.(Erlin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Heroik Ditunjukkan TRC Pos SAR Selayar Tembus Jalur Evakuasi Utama Menggunakan Kuda Besi

Ulang Tahun ke 55 Rahayu Kertawiguna mendapat Kado Istimewa dari Forwan

Inlah Cerita Kasus Ayahnya Adik Kita Junaedi Appatunru,