Prof. Dr.Hardinsyah MS : "Puasa Bisa Membuat Awet Muda"

Prof. Dr.Hardinsyah MS :
"Puasa Bisa Membuat Awet Muda"
Jakarta, Koran Investigasi
Selain beribadah, ternyata Puasa juga bisa membuat yang menjalankan bisa awat muda. Hal tersebut dikatakan. Prof. Dr. Hardinsyah. MS, Ahli gizi dari Pergizi Pangan Indonesia melalui akun YouTube Tim Gizi Kebugaran.

"Dasarnya bahwa puasa bisa meregenerasi sel, kinerja sel baik dan didukung asupan baik melalui pangan beragam dan bergizi (vit C, karoten). Pada penelitian ditemukan bahwa sel-sel beta di pancreas tidak menghasilkan insulin yang cukup. Dengan puasa, terdapat perbaikan sel-sel di pancreas. " Ujar Prof Dr. Hardinsyah.

Hardiansyah mengungkapkam
puasa bisa mendatangkan manfaat selain ibadah, bahkan kajian terakhir di Jepang telah menguji coba pada binatang yang menjalankan puasa, mendapati bahwa sel-sel tubuh yang kuat memakan sel-sel yang tua, patogen dan jahat.

"Istilahnya “autofagi” untuk memberikan energi bagi tubuh. Proses ini berjalan dengan waktu puasa minimal 13-14jam. Bahasa lain autofagi adalah “cleansing”, yang mendorong juga regenerasi sel-sel tubuh." Ujar Hardiansyah.

Untuk itu Hardinsyah memberikan tips, agar puasa lancar, tubuh bugar dan system imunitas meningkat. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan puasa dengan baik dan benar. Niat menjadi penting, menyelaraskan hati, pikiran dan tubuh; kedua pengelolaan makanan dan minuman; dan ketiga gaya hidup sehat

"Pola konsumsi pangan selama  berpuasa, ketika berbuka minimalkan konsumsi yang manis-manis dan batasi yang terlalu banyak lemak. Perbanyak konsumsi buah segar dan utamakan yang berwarna-warni, disertai dengan lauk pauk yang cukup. Yang penting berhentilah sebelum kenyang, baik pada saat berbuka dan sahur." tegas Hardinsyah.

Hardinsyah menambahkan, dari sisi gaya hidup: istirahat yang cukup, kelola stress dengan baik. Melalui pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan dan rajin membaca al quran pastinya hati jadi tenang sehingga stress pun terkelola dengan baik. (Buyil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Heroik Ditunjukkan TRC Pos SAR Selayar Tembus Jalur Evakuasi Utama Menggunakan Kuda Besi

Ulang Tahun ke 55 Rahayu Kertawiguna mendapat Kado Istimewa dari Forwan

Inlah Cerita Kasus Ayahnya Adik Kita Junaedi Appatunru,